Lakukan  Cara ini Saat Kita Ingin Belajar Jujur pada Diri Sendiri

Berbohong mungkin kita sudah keluar dari masalah, namun hanya sementara padahal sebenarnya kita justru membuat masalah yang lebih dalam atau lebih besar meski  lebih menyakitkaTidak hanya kepada orang lain, namun kejujuran juga harus ada pada diri sendiri.Meski sedikit sulit, namun semua orang bisa melakukannya. Nah, mulailah jujur pada diri sendiri dengan lima cara berikut ini:
1. TerkadangBiasakan diri untuk mencoba tidak membohongi diri sendiri. Jangan pernah berbohong pada diri sendiri karena ketika berbohong pada hal buruk, maka kita tidak akan pernah keluar dari lingkaran buruk itu.
2. Sebelum mulai untuk jujur pada diri sendiri, kita perlu memikirkan segala hal baik yang akan membawa kita keluar dari hal buruk atau kebohongan. Bila perlu, kita menuliskan setiap hal baik dan menempelnya di dinding kamar agar kita selalu membacanya dan kita akan terbantu karena itu untuk mencoba jujur pada diri sendiri.
3. Membuat daftar yang berisi semua hal buruk yang terjadi pada kita ketika kita tidak jujur pada diri sendiri. Hal ini akan menjadi cara yang ampuh. Dengan demikian, kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama atau tidak ingin mendapatkan hal buruk kembali. Artinya, ini menjadi pengingat kita tentang pentingnya jujur pada diri sendiri.
4. Jika tidak bisa yakin pada diri sendiri, ada baiknya meminta bantuan orang sekitar kita, misalnya anggota keluarga atau teman. Kadang-kadang kita tidak yakin jika jujur pada diri sendiri, sehingga kita membutuhkan bantuan orang lain untuk memberikan tanggapannya yang kemudian menjadikan kita tahu apa yang harus dilakukan.
5. Jujur pada diri sendiri memang sering membuat keinginan kita tidak sejalan dengan kenyatannya. Namun, jujur dengan “brutal” pada diri sendiri akan membuat kita lebih lega dan bebas. Misalnya kita tidak cocok mengenakan baju yang terlalu ketat, maka katakana pada diri sendiri untuk tidak mengenakannya. Tubuh, perasaan, dan sikap kita semua menyangkut kejujuran. Memendam segalanya dalam hati hanya akan menyakitkan diri sendiri.
Mulailah jujur pada diri sendiri dengan lima cara tadi agar kita juga mendapatkan kebahagiaan yang nyata.

0 Response to " "

Posting Komentar